Apa Itu Tes Swab Antigen? 

No Comments Uncategorized

Test swab antigen kini masih menjadi pilihan masyarakat sebagai alternatif pendeteksian virus COVID-19 selain swab PCR. Tes antigen akan mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu, salah satunya SARS-CoV-2. 

Apa Itu Tes Swab Antigen? 

WHO merekomendasikan, swab antigen yang memiliki sensitivitas 80 persen dan spesifisitas sekitar 97 hingga 100 persen. Namun swab antigen hanya dapat memberikan hasil yang cukup akurat jika Anda sedang berada di masa awal infeksi. Karena saat awal terinfeksi, jumlah virus di dalam tubuh masih cukup banyak dan tingkat penularan masih terbilang tinggi.

Sayangnya swab antigen bisa memberikan hasil negatif palsu. Jadi jika Anda pernah melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi tapi antigen memberikan hasil negatif, maka Anda harus tetap melakukan isolasi mandiri. Atau Anda bisa memastikan hasil dengan melakukan tes swab PCR.

Lokasi Test Swab Antigen Jakarta di Bawah Rp100 ribu

Swab antigen kini masih menjadi syarat perjalanan darat dengan menggunakan bus atau kereta api. Namun sayangnya saat ini perjalanan dengan menggunakan pesawat tidak lagi bisa menggunakan swab antigen.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dan membutuhkan hasil swab antigen, berikut beberapa rekomendasi lokasi test swab antigen di Jakarta di bawah Rp 100 ribu.

  1. Neomed

Neomed menghadirkan test swab antigen dengan harga terjangkau. Memberikan hasil yang cepat dan setiap sampel menggunakan barcoding guna meminimalisir human error. Neomed juga menyediakan pemeriksaan walk in dan drive thru bagi Anda yang tidak ingin melakukan kontak langsung saat melakukan pemeriksaan langsung.

Lokasi: Jl. Boulevard Barat Raya No.18, Jakarta Utara

Harga: Rp 88.000.

  1. IMC Lab

Memiliki prosedur swab yang cepat yakni sekitar 10 menit. Dengan hasil yang terintegrasi oleh sistem mulai dari pendaftaran, pembayaran hingga pemberian hasil yang semuanya dapat Anda akses secara online melalui device.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No. 18 Jakarta Timur.

Harga: Rp 95.000

  1. Swabaja

Memiliki alat dengan teknologi terbaru yang bisa memberikan hasil akurat karena hasil pemeriksaan akan melalui proses verifikasi oleh dokter. Dengan misi ingin memberikan akses layanan yang mudah dan terjangkau kepada masyarakat luas. Swabaja juga menyediakan layanan homecare yang bisa Anda pilih.

Lokasi: Jl. Terogong Raya No.35 (Depan JIS), Jakarta Selatan.

Harga: Rp 99.000.

  1. Quicktest

Quicktest menghadirkan layanan walk-in maupun homecare bagi Anda yang tidak ingin ke luar rumah. Pemeriksaan di Quicktest memiliki klaim dapat mendeteksi varian virus Corona terbaru.

Lokasi: Jl. Prof. DR. Soepomo No.33A, Tebet, Jakarta Selatan.

Harga: Rp 99.000.

  1. Kimia Farma

Perusahaan industri farmasi milik BUMN ini, menghadirkan layanan test swab antigen yang cukup terjangkau untuk masyarakat. Dengan memiliki 75 laboratorium klinik yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk Jakarta, Depok, Tangerang dan Bogor.

Lokasi: Jl. Joglo Raya No 117 C Joglo, Kembangan, Jakarta barat.

Harga: Rp 85.000.

  1. Direct Lab

Anda bisa mendapatkan harga swab antigen yang cukup terjangkau jika melakukan booking di SehatQ. Dengan hasil yang cukup cepat yakni hanya sekitar 30 menit hingga satu jam.

Lokasi: Ruko Kencana Niaga D1 2N, Jl. Aries Utama IV No.7, Jakarta Barat.

Harga: Rp 69.000.

  1. Klinik Kemayoran

Menghadirkan swab antigen yang bisa memberikan surat hasil pemeriksaan dalam waktu 15 menit. Hasil pemeriksaan dari klinik ini juga terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi milik pemerintah.

Lokasi: Jl. Garuda No.26 B Kemayoran Jakarta Pusat.

Harga: Rp 98.000.

Itulah beberapa lokasi test swab antigen di Jakarta dengan harga di bawah Rp100 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *