Cara Pengobatan Sinusitis Dengan Alami 

No Comments Uncategorized
Salah satu langkah pencegahan sinusitis adalah dengan menghindari memegang area wajah terlalu sering

Tekanan menumpuk di dahi Anda, hidung Anda berair, dan Anda hanya merasa tidak enak badan. Anda menduga bahwa Anda mungkin memiliki infeksi sinus, atau sinusitis. Sebagian besar infeksi sinus akan sembuh sendiri dalam tujuh hingga 10 hari, hanya dengan merawat diri sendiri di rumah.

Apakah Anda memiliki infeksi sinus tunggal atau sinusitis berulang, rasa sakit dan tekanan di wajah Anda cukup untuk membuat Anda berlari untuk pengobatan.

Tetapi National Institutes of Health (NIH) memperingatkan agar tidak menggunakan antibiotik yang tidak perlu. Sebagian besar masalah sinus disebabkan oleh virus, yang tidak dapat diobati dengan antibiotik. Dan bahkan yang disebabkan oleh bakteri biasanya tidak membaik lebih cepat dengan antibiotik, kata badan tersebut.

Untungnya, berbagai pengobatan alami untuk nyeri sinus dan infeksi sinus dapat meredakannya secara efektif. Beberapa dari pendekatan ini bahkan direkomendasikan oleh dokter, yang mengatakan bahwa mengalirkan lendir sinus dapat membantu Anda merasa lebih baik sementara tubuh Anda berhasil melawan infeksi.

Rongga sinus Anda memiliki lapisan lendir yang membantu menjebak zat seperti debu dan kuman. Ketika lapisan menjadi meradang dari infeksi virus, seperti sinusitis atau pilek, itu membengkak. Pembengkakan ini memaksa lendir untuk terjebak di sinus, yang mencegah drainase normal. Ketika ini terjadi, bakteri dan jamur dapat mulai tumbuh dalam cairan yang tersumbat, menyebabkan infeksi sinus.

Gejala umum sinusitis meliputi:

  • Nyeri, tekanan, dan nyeri tekan di sekitar mata, dahi, dan pipi
  • Sakit kepala sinus
  • Hidung mampet
  • Bau mulut
  • Pengurangan indera perasa dan penciuman
  • Sakit gigi
  • Batuk yang menghasilkan lendir
  • Lendir kuning atau hijau yang keluar dari hidung
  • Demam
  • Kelelahan
  • Pembengkakan jaringan hidung
  • Kemerahan

Siapa pun bisa terkena infeksi sinus, terutama setelah keluar dari flu ketika kekebalan Anda turun. Namun, beberapa orang mungkin lebih rentan untuk mendapatkannya, termasuk:

  • Orang dengan lubang sinus yang sempit
  • Orang dengan polip hidung
  • Orang yang memiliki kelainan bentuk tulang di antara lubang hidung
  • Orang dengan alergi
  • Orang dengan sistem kekebalan yang lemah

Obat Alami Mudah Membantu Aliran Lendir

Dalam banyak kasus, pengobatan sinusitis di rumah termasuk hal-hal yang ibu Anda suruh Anda lakukan  dapat secara efektif memperbaiki sinus yang meradang. Perawatan ini menenangkan saluran yang teriritasi dan meningkatkan aliran lendir sehingga Anda tidak merasa sesak, jelasnya.

  1. Menyiram. Gunakan Neti pot, terapi yang menggunakan larutan garam dan air, untuk menyiram saluran hidung Anda. Irigasi hidung menggunakan Neti pot telah menjadi metode pengobatan sinus yang terbukti benar selama berabad-abad. Saya memiliki pasien yang bersumpah dengan Neti pot dan menggunakannya setiap hari atau setiap minggu untuk menjaga sinus mereka mengalir dengan baik. Ingatlah untuk menggunakan air suling saja.
  1. Semprot. Gunakan semprotan dekongestan hidung yang dijual bebas yang mengandung air garam untuk membantu menjaga saluran hidung tetap lembab, membuka sumbatan, dan mengobati peradangan. Beberapa semprotan, seperti Afrin®, hanya dapat digunakan maksimal tiga hari. Jika Anda melebihi tiga hari, Anda akan mendapatkan “rebound” atau hidung tersumbat yang lebih parah. Semprotan hidung lainnya, seperti fluticasone, lebih efektif semakin lama Anda menggunakannya.
  1. Hidrat. Minum banyak cairan—air dan/atau jus—untuk membantu mengencerkan lendir. Hindari minuman berkafein atau beralkohol, yang dapat menyebabkan dehidrasi.
  1. Istirahat. Dapatkan banyak istirahat untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi dan mempercepat pemulihan. Saat Anda tidur, dukung diri Anda dengan beberapa bantal. Tetap tinggi dapat membantu Anda bernapas lebih nyaman.
  1. Uap. Hirup uap dari panci atau semangkuk air hangat (tidak terlalu panas!) atau mandi air panas. Anda juga bisa meletakkan handuk basah yang hangat di wajah Anda, diikuti dengan handuk dingin. untuk membantu meringankan nyeri sinus dan membuka saluran hidung Anda.
  2. Membumbui. Makan makanan pedas untuk membantu membersihkan saluran hidung Anda. Tambahkan cabai, saus pedas, lobak atau wasabi ke dalam makanan Anda.
  1. Tambahkan kelembapan. Gunakan pelembab udara atau alat penguap di kamar Anda saat Anda tidur untuk menambah kelembapan udara dan membantu mengurangi kemacetan. Udara kering, asap tembakau, dan air yang mengandung klor dapat mengiritasi selaput lendir di hidung Anda dan menciptakan lingkungan yang matang untuk infeksi sinus.
  1. obat bebas. Minum dekongestan yang dijual bebas, antihistamin (jika penyebabnya alergi) dan pereda nyeri untuk mengurangi nyeri dan tekanan sinus. Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki masalah kesehatan atau mengonsumsi obat lain. Jangan pernah memberikan dekongestan atau obat flu yang dijual bebas kepada anak-anak di bawah usia 4 tahun. Hisap hidung adalah bentuk “dekongestan” terbaik untuk anak kecil. Ini juga mengurangi post-nasal drip dan iritasi paru-paru secara keseluruhan.
  1. C adalah kuncinya. Tingkatkan asupan vitamin C Anda. Ini dapat membantu melawan infeksi sinus lebih cepat, mengurangi peradangan sinus dan meringankan durasi infeksi sinus atau gejala pilek.
  1. Ketahui pemicu Anda. Ketahui apa yang dapat memicu infeksi pilek atau sinus dan bersiaplah. Mulailah minum antihistamin sebelum musim alergi atau gunakan Neti pot segera saat awal pilek.

Bagaimana Mengenalinya Jika Obat Ini Tidak Berfungsi

Anda akan tahu apakah pengobatan ini efektif karena Anda akan mulai merasa lebih baik dan sinus Anda akan kurang sesak.

Namun, tidak seperti antibiotik yang gejalanya mulai berkurang dengan cepat, pengobatan alami biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk bekerja. Jadi, Anda harus terus melakukan pengobatan ini secara teratur setidaknya selama satu atau dua minggu sebelum menentukan apakah pengobatan tersebut berhasil.

Obat-obatan

Ada juga beberapa obat bebas (OTC) yang dapat Anda coba untuk membantu meringankan gejala Anda.

  • Semprotan hidung saline. Ini membantu menjaga sinus Anda dari kekeringan, selain membantu kemacetan dan peradangan. Semprotan hidung steroid dapat membantu dekongestan dan peradangan, terutama bila alergi adalah penyebabnya.
  • Dekongestan. Mengambil dekongestan dapat membantu membersihkan lendir.
  • Antibiotik. Jika infeksi sinus Anda disebabkan oleh bakteri, dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik untuk membantu membunuh infeksi.

Risiko perawatan

Dekongestan, seperti semprotan hidung, hanya boleh digunakan hingga tiga hari. Setelah jangka waktu ini, penggunaan yang berkelanjutan sebenarnya dapat memperburuk kemacetan Anda.

Karena kemungkinan besar Anda akan banyak mengeluarkan ingus saat menderita sinusitis, tiuplah dengan hati-hati. Tiup satu lubang hidung pada satu waktu, dengan lembut, untuk menghindari iritasi saluran hidung dan memaksa bakteri masuk lebih jauh ke dalam sinus Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *