Diagnosis dan Perawatan Kandidiasis Dengan Sporacid

Kandidiasis terjadi ketika infeksi jamur berkembang di dalam mulut. Dikenal pula dengan sebutan oropharyngeal candidiasis, kondisi ini banyak dijumpai pada bayi dan anak-anak. Kandidiasis menyebabkan adanya bercak atau benjolan berwarna putih atau kekuningan di bagian dalam pipi dan juga lidah. Benjolan tersebut biasanya akan hilang dengan perawatan Sporacid. Infeksi jamur ini biasanya bersifat ringan dan jarang menyebabkan gangguan yang serius. Namun, para orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, kondisi ini dapat menyebar ke bagian lain tubuh dan berpotensi menyebabkan komplikasi yang serius. 

Dalam kasus ringan, kandidiasis dapat diobati menggunakan Sporacid. Ini adalah jenis obat yang membutuhkan resep dari dokter. Sebelum merekomendasikan obat ini, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan guna memastikan kondisi yang diderita adalah kandidiasis. Dokter dapat melakukan diagnosis kandidiasis hanya dengan memeriksa karakteristik benjolan yang menyebabkannya. Dalam beberapa kasus, dokter juga dapat melakukan biopsy pada daerah di mana kandidiasis tumbuh guna mengonfirmasi diagnosis. Untuk melakukan biopsy, dokter akan mengambil sedikit sampel benjolan dari mulut, Sampel tersebut kemudian akan dikirim ke laboratorium untuk diuji apakah mengandung jamur C. albican atau tidak. 

Jika dokter mencurigai Anda memiliki kandidiasis di kerongkongan, mereka dapat menggunakan kultur swab tenggorokan atau endoscopy untuk membantu mengonfirmasi diagnosis tersebut. Untuk melakukan kultur swab tenggorokan, dokter akan menggunakan cotton swab untuk mengambil sampel jaringan dari bagian belakang tenggorokan. Mereka kemudian akan mengirim sampel tersebut ke laboratorium untuk mendapatkan pengujian. Untuk melakukan endoscopy, dokter menggunakan tabung tipis dengan lampu dan kamera tertempel pada alat. Mereka akan memasukkan alat yang disebut endoscope tersebut ke dalam mulut dan menuju kerongkongan untuk memeriksanya. Dokter juga dapat mengambil sampel jaringan untuk analisa. 

Perawatan

Untuk merawat kandidiasis, dokter dapat meresepkan Sporacid. Selain Sporacid, beberapa obat-obatan yang biasa digunakan untuk kondisi ini di antaranya adalah:

  • Fluconazole. Ini adalah obat antijamur oral. 
  • Clotrimazole. Ini adalah obat antijamur yang tersedia dalam bentuk lozenge. 
  • Nystatin. Obat kumur antijamur yang bisa Anda gunakan dengan cara berkumur atau melakukan swab di mulut bayi. 
  • Itraconazole. Obat antijamur oral yang digunakan untuk merawat orang-orang yang tidak memberikan respon kepada perawatan kandidiasis lainnya dan pada orang-orang yang menderita HIV. 
  • Amphotericin. Sebuah obat yang digunakan untuk merawat kasus kandidiasis parah. 

Setelah Anda mulai perawatan, kandidiasis biasanya akan hilang dalam waktu beberapa minggu. Namun dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat datang kembali. Untuk orang dewasa dengan kasus kandidiasis yang terus menerus terjadi secara berulang tanpa adanya sebab yang jelas, penyedia layanan kesehatan akan mengevaluasi kondisi medis penyebab yang dapat berkontribusi terhadap kasus kandidiasis. Bayi dapat memiliki beberapa episode kandidiasis pada tahun-tahun pertama hidup mereka. 

Selain penggunaan Sporacid, dokter dapat merekomendasikan home remedies atau perubahan gaya hidup untuk membantu merawat kandidiasis dan menghentikannya datang lagi. Saat Anda sedang dalam masa pemulihan, penting untuk selalu menjaga kebersihan mulut. Beberapa tips di antaranya adalah sikat gigi menggunakan sikat gigi yang lembut dan hindari menggosok benjolan yang disebabkan karena kandidiasis. 

Ganti sikat gigi setelah Anda selesai perawatan untuk menghindari risiko infeksi ulang. Anad juga perlu menghindari penggunaan obat kumur kecuali dokter merekomendasikannya. Beberapa home remedies juga dapat membantu meringankan gejala kandidiasis. Misalnya, berkumur menggunakan air garam, larutan air dan baking soda, campuran air dan jus jeruk, dan campuran air dengan cuka sari apel dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *