Efek Samping, Cara Penggunaan, dan Harga Benzolac

harga benzolac

Salah satu salep jerawat dengan harga terjangkau dan ampuh atasi jerawat meradang adalah Benzolac. Salep ini memiliki kandungan utama yaitu benzoyl peroxide.

Bahan aktif ini mampu membunuh dan mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat pada kulit. Sehingga jerawat yang tengah meradang bisa cepat sembuh dan cegah munculnya jerawat baru.

Namun, kandungan ini juga punya efek samping pada kulit. Untuk mengetahui apa saja efek samping dan cara penggunaannya yang benar, simak ulasan berikut ini!

Efek samping Benzolac

Efek samping kemungkinan akan muncul terutama bagi kamu yang sama sekali belum pernah menggunakan kandungan benzoyl peroxide, atau punya kulit yang sensitif.

Berikut beberapa kemungkinan efek samping yang muncul dari penggunaan salep jerawat dengan kandungan benzoyl peroxide:

1. Iritasi

Saat diaplikasikan ke area berjerawat, kandungan ini dapat menyebabkan area kulit tersebut menjadi iritasi. Efek ini bukan karena harga Benzolac yang murah, tapi terkait dengan cara kerja benzoyl peroxide itu sendiri.

Benzoyl peroxide bekerja dengan cara menghilangkan kulit mati, minyak berlebih, dan bakteri yang ada di kulit. Hal ini bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan, hingga kulit mengelupas.

Terkadang, kemerahan juga disertai rasa perih atau gatal. Jika kamu punya kulit sensitif ada baiknya perhatikan penggunaan benzoyl peroxide. Sebab iritasi lebih mungkin terjadi.

2. Alergi

Reaksi alergi juga bisa muncul apabila kulit kamu tidak cocok dengan benzoyl peroxide. Segera hentikan penggunaan salep jerawat apabila muncul gejala alergi.

Seperti kemerahan, iritasi, pembengkakan parah, hingga kesulitan bernapas. Segera cari bantuan medis.

3. Efek samping berbahaya

Pada kasus yang sangat langka, penggunaan benzoyl peroxide juga dapat memunculkan efek samping yang berbahaya. Di antaranya:

  • Bengkak di area yang diolesi salep
  • Kulit menjadi lecet atau lupa karena salep

Jika gejalanya tak membaik dalam beberapa hari, segera cari bantuan medis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Cara menggunakan salep Benzolac yang tepat

Salep Benzolac selama digunakan dengan aturan dan dosis yang tepat sebenarnya berbagai risiko efek samping tersebut bisa diminimalisir.

Berikut beberapa tips aman menggunakan salep dengan kandungan benzoyl peroxide:

1. Mulai dari kadar terendah

Benzolac sendiri punya 3 varian dengan kadar benzoyl peroxide yang berbeda-beda. Semakin tinggi kadarnya, maka semakin “keras” juga efeknya pada kulit.

Jika kamu baru pertama kali menggunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide, maka pilihlah dari kadar yang terendah.

Apabila dalam penggunaan tidak ditemukan efek negatif, kamu bisa mencoba salep dengan kadar yang lebih tinggi. Salep ini punya pilihan kadar benzoyl peroxide dari 2,5 hingga 5 persen.

2. Lakukan patch test

Sebelum mengoleskannya pada jerawat yang ada di wajah, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu. Caranya oleskan sedikit salep pada area kulit lain, seperti di belakang telinga atau leher.

Setelah itu, pantau kurang lebih selama 24 jam apakah timbul reaksi negatif seperti iritasi atau alergi. Apabila tidak ada reaksi negatif, kamu bisa menggunakannya pada jerawat kamu.

3. Tips pengaplikasian

Sebelum menggunakannya pada area jerawat, lakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Pastikan kamu sudah mencuci tangan serta wajah
  • Tepuk-tepuk wajah hingga kering
  • Oleskan salep tipis-tipis ke area berjerawat

Jangan oleskan secara berlebihan dalam sekali pakai. Disarankan menggunakannya 1 hingga 2 kali sehari.

Selama menggunakan produk ini, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 di siang hari ya.

Harga Benzolac

Harga jual produk ini berbeda-beda tergantung dengan kandungan atau kadar benzoyl peroxide yang ada di dalamnya. Berikut rinciannya:

  • Benzolac CL: mulai dari Rp36.000
  • Benzolac 5 persen: mulai dari Rp 22.000
  • Benzolac 2,5 persen: mulai dari Rp 16.500

Nah itu dia ulasan terkait efek samping, tips pemakaian, hingga harga Benzolac. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *