Efektif Atasi Gejala Bersin-Bersin

No Comments Uncategorized

Bersin-bersin adalah mekanisme tubuh untuk membersihkan hidung. Ketika zat atau benda asing, seperti debu, serbuk sari, udara, atau kotoran, masuk ke dalam saluran pernapasan, hidung akan iritasi dan terasa gatal. Tubuh kemudian akan melakukan suatu hal untuk membersihkan hidung, yaitu dengan bersin. Bersin-bersin adalah salah satu pertahanan tubuh pertama dalam melawan bakteri dan serangga yang menyerang. Umumnya bersin-bersin tidak perlu menjadi suatu kekhawatiran tersendiri. Namun, bersin-bersin bisa menjadi salah satu tanda Anda sedang menderita flu. Dalam kasus ini, cukup banyak istirahat, minum banyak air, dan minum inzana (untuk anak) dapat membantu mengatasi gejala flu dan bersin-bersin. 

Meskipun merupakan suatu hal yang normal, bersin-bersin dapat mengganggu terutama apabila kondisi ini tidak kunjung sembuh. Bagi anak, obat seperti inzana dapat mengatasi gejala masuk angin seperti bersin-bersin. Akan tetapi, bersin-bersin jarang menjadi tanda adanya gangguan kesehatan yang serius. Beberapa orang dapat mengalami gejala tambahan atau komplikasi apabila ia bersin terlalu sering. Misalnya, mereka yang sering menderita mimisan dapat mengalami lebih banyak mimisan yang disertai dengan bersin-bersin. Orang-orang yang menderita migrain juga akan mengalami rasa tidak nyaman jika bersin-bersin terjadi pada saat sakit kepala kumat. 

Tidak semua orang akan memberikan respon terhadap stimulus eksternal atau alergen sama dengan orang lain. Jika Anda tidak bersin setelah menghirup serbuk sari suatu bunga, jangan khawatir. Beberapa saluran hidung seseorang tidak sensitif dan ini merupakan suatu hal yang normal. Jika Anda atau anak mulai bersin-bersin terus menerus dan tidak mengetahui apa penyebabnya, ada indikasi yang cukup mengkhawatirkan. Dan Anda perlu menemui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan, diagnosis, dan perawatan. 

Selesma dan bersin-bersin

Salah satu penyebab bersin-bersin pada anak adalah selesma, atau biasa dikenal dengan istilah common cold. Ini merupakan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan atas, yang disebabkan oleh virus. Selesma menyebar ketika seseorang menghirup partikel virus dari partikel bersin atau batuk seseorang. Anak juga bisa tertular virus ini ketika menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus penyebab selesma. Selesma sering terjadi pada saat suhu lingkungan menurun. Pada saat ini, sistem kekebalan tubuh orang banyak yang melemah, membuat tubuh mereka rentan mendapatkan serangan dari virus penyebab common cold. Salah satu gejala yang paling sering dijumpai pada anak adalah bersin-bersin. Jika hal ini terjadi, berikan anak inzana untuk meradakan gejala kondisi ini. 

Common cold biasanya akan hilang setelah beberapa hari atau minggu tanpa menyebabkan komplikasi yang mengkhawatirkan. Namun, infeksi ini juga dapat berubah menjadi kondisi lain, seperti:

  • Infeksi telinga. Gejala utama infeksi telinga pada anak adalah cairan hijau atau kuning yang keluar dari hidung. 
  • Sinusitis. Kondisi ini terjadi ketika selesma tidak kunjung sembuh dan terus menerus terjadi dalam waktu lama. Gejala yang dapat dirasakan adalah sinus yang meradang dan terinfeksi. 
  • Asma. Kesulitan bernapas atau mengi dapat dipicu oleh selesma. 
  • Infeksi dada. Infeksi dapat menyebabkan pneumonia dan bronchitis. Gejala yang dapat dirasakan adalah batuk-batuk, sesak napas, dan batuk mengeluarkan lendir. 

Saat anak sakit demam, flu, atau bersin-bersin, guna membantu meredakan gejala yang dideritanya, orang tua dapat memberikannya inzana. Obat ini efektif dalam mengatasi gejala flu seperti hidung tersumbat, sakit kepala, dan bersin-bersin. Biasanya kondisi ini tidak perlu menyebabkan kekhawatiran tersendiri. Namun, apabila anak tidak kunjung sembuh meskipun sudah mendapatkan perawatan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *