Ini Hal Yang Harus dilakukan saat Asma Tiba-Tiba Kambuh

No Comments Obat

Asma merupakan salah satu penyakit pernapasan yang bisa datang kapan saja. Saat asma kambuh, penderita akan mengalami gejala berupa sesak napas, nyeri pada dada, hingga lemas. Ini terjadi akibat menyempitnya saluran pernapasan penderita asma, serta terdapat lendir berlebih pada saluran pernapasan yang akhirnya menyebabkan penderita mengalami kesulitan untuk bernapas. 

Lalu apa sebenarnya penyebab asma?

Asma dapat terjadi oleh berbagai faktor. Mulai dari alergi, udara, debu dan kotoran, aktivitas fisik, terjangkit virus, hingga faktor genetik seseorang. Jika ada pemicu yang menyebabkan terjadinya asma, asma dapat terjadi kapan saja, dan akan semakin memburuk saat kita tidak tau bagaimana cara menanganinya dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan saat serangan asma tiba-tiba kambuh:

1. Jauhi pemicunya

Asma pasti dipicu oleh beberapa hal. Saat asma dipicu oleh alergi akibat asap atau bulu hewan jauhkan penderita dari pemicu tersebut agar tidak memperparah gejalanya. 

2. Atur posisi senyaman mungkin

Ternyata bukan posisi tidur yang disarankan saat asma kambuh secara tiba-tiba. Anda dapat duduk tegak senyaman mungkin lalu coba bernapas seperti biasa. Bila diperlukan, longgarkan pakaian yang dikenakan agar dapat lebih leluasa bernapas. 

3. Atur napas perlahan

Saat asma kambuh tiba-tiba, napas akan lebih pendek dan tidak stabil. Saat napas sulit diatur yang bisa Anda coba lalukan adalah dengan mengatur napas pada teknik pernapasan buteyko. 

Teknik ini dilakukan untuk mengoptimalkan oksigen pada penderita gangguan pernapasan seperti asma. Caranya, Anda dapat melalukannya dengan bernapas dari hidung tanpa menggunakan mulut sama sekali. Teknik ini dipercaya dapat memperbaiki pola napas penderita asma agar lebih baik.

3. Gunakan alat bantu inhaler

Setelah mengatur napas, setelahnya Anda dapat menggunakan alat bantu inhaler untuk mengurangi gejala asma. Inhaler adalah obat hirup model semprot yang dapat mengatasi gejala asma. Salah satu obat yang dapat Anda coba adalah Berotec spray

Berotec spray merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit pernapasan seperti serangan asma serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan pernapasan. Didalam Berotex spray terdapat kandungan Fenoterol yang bekerja untuk meringankan gejala asma saat dengan cara melebarkan saluran pernapasan yang mengalami penyempitan

Untuk menggunakannya, Anda dapat melepaskan tutupnya lalu mengocok Berotex spray selama beberapa detik, kemudian posisikan badan dengan nyaman dan sedikit miringkan kepala kebelakang. 

Tempatkan corong inhaler dimulut dan pada saat bersamaan tekan inhaler dengan kedua tangan lalu tarik napas segera. Setelahnya bernafas seperti biasa dan tahan napas selama 10 detik agar kandungan Berotec spray masuk kedalam saluran pernapasan. 

Anda bisa tunggu selama beberapa menit untuk melihat perubahan gejala, jika diperlukan Anda bisa menambahkan satu kali inhaler Berotec spray.

4. Konsumsi air hangat 

Saat asma kambuh, tak jarang akan muncul batuk pada penderita. Untuk sedikit meringankan gejala batuk, Anda bisa minum air putih hangat atau teh hangat. Selain itu hal ini juga sedikit membuka saluran napas sehingga penderita merasa sedikit lebih ringan pernapasannya.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat gejala asma tiba-tiba kambuh. Jika setelah melakukan hal tersebut gejala tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, segera bawa kerumah sakit agar mendapat pertolongan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *