Jam Makan yang Baik dan Tips Makan Sehat

jam makan yang baik

Makan asal-asalan, walaupun dengan menu lengkap, tidak akan membuat otomatis merasa lebih sehat. Berbagai aspek juga perlu diperhatikan dalam menyantap menu makanan Anda supaya lebih tercerna dengan baik dan berimbas positif bagi kesehatan yang prima. 

Jam makan yang baik sampai jenis nutrisi yang ada dalam makanan perlu Anda perhatikan tiap kali Anda hendak mengambil makan. Jangan sampai, kegiatan makan Anda justru menimbulkan masalah yang menganggu aktivitas Anda. 

Berikut ini adalah berbagai tips untuk makan secara lebih sehat. Makan sehat tidak hanya menyangkut menu yang Anda santap. Makan yang sehat juga menyangkut pada berbagai aspek penting seperti di bawah ini. 

Pangkas Garam dan Gula 

 Garam dan gula memang membuat makanan yang Anda santap menjadi lezat. Namun, jumlah garam dan gula yang berlebihan ada di makanan bisa menyeret Anda ke berbagai masalah penyakit yang serius, mulai dari diabetes, tekanan darah tinggi, sampai penyakit jantung. Jika ingin lebih sehat, mulailah untuk mengurangi jumlah garam dan gula tambahan pada makanan yang Anda asup. 

Jangan Lewatkan Sarapan 

Sarapan sangat penting bagi tubuh Anda karena dapat menyediakan energi yang dibutuhkan sepanjang hari sampai membuat berat badan lebih terkontrol sehingga organ-organ tubuh penting lebih terjaga. Sarapanlah dengan menu yang simpel dengan kandungan protein tinggi agar tidak malas menyiapkannya. Ambil waktu satu jam setelah tidur untuk melakukan sarapan di kisaran waktu pukul 7—10 pagi. 

Porsi Secukupnya 

Makan tidak harus membuat Anda merasa sangat kenyang sampai kesulitan bergerak. Cara makan tersebut sangat tidak sehat. Mulailah makan dengan porsi secukupnya. Porsi yang cukup dan tidak membuat Anda terlalu kenyang bisa menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan. Yang jelas juga, porsi yang tidak berlebihan bisa menghindarkan Anda dari kondisi kelebihan kalori yang memicu obesitas. 

Cari Jam Makan yang Baik 

Jam makan yang baik bisa sangat menentukan seberapa prima tubuh Anda setelah melakukan aktivitas ini. Jam sarapan yang baik berkisar pukul 7—10 pagi. Jam makan siang yang dianjurkan setidaknya memiliki interval 4—5 jam dari waktu sarapan. Sementara itu jika mencari jam makan yang baik untuk makan malam, pastikan Anda makan malam minimal 3 jam sebelum waktu Anda tidur dan selambat-lambatnya tidak lebih dari pukul 7 malam di mana kerja metabolisme belum terlalu melambat. 

Penuhi Protein sampai Serat 

Tentu saja makan yang sehat menyangkut soal nutrisi apa saja yang bisa masuk ke tubuh Anda. Tidka usah terlalu pusing, setiap kali makan, pastikan ada jenis makanan yang mengandung protein, karbo, juga serat. Di mana jika dikulik lebih jauh, berbagai makanan dengan ragam jenis tersebut bisa menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang tubuh Anda butuhkan tiap harinya. 

Perbanyak Buah dan Sayur 

Porsi yang paling besar harus ada di makanan Anda adalah buah dan sayur. Jenis makanan ini merupakan sumber vitamin dan berbagai nutrisi lain yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Setidaknya, santaplah 5 porsi buah dan sayur tiap harinya. Tidak harus selalu bergabung di waktu makan utama, Anda juga dapat menyantap buah dan sayur sebagai camilan. 

Batasi Waktu Makan Malam 

Setelah lewat pukul 7 malam, kinerja metabolisme tubuh akan melambat sehingga proses pembakaran kalori akibat makan malam menjadi kurang efektif. Karena alasan inilah, jam makan yang baik untuk makan malam disarankan maksimal pukul 7 malam. Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya tidak langsung tidur setelah makan malam karena dapat menimbulkan gangguan asam lambung. Berilah jarak antara waktu selesai bersantap makan malam dengan waktu tidur minimal 3 jam. 

Hindari Makan Terburu-buru 

Makan yang sehat adalah makan yang memiliki proses pengunyahan yang baik. Untuk itu, Anda tidak bisa terburu-buru ketika sedang makan. Makan terburu-buru akan meningkatkan risiko tersedak. Bukna hanya itu, makan terburu-buru juga bisa membuat makanan tidak terlumat dengan baik sehingga proses pengolahan makanan menjadi lebih sulit di sistem pencernaan. 

Jadi, kebiasaan makan sehat apa yang selama ini masih sering Anda abaikan? Tidak jarang orang nyatanya bersantap tanpa memperhitungkan jam makan yang baik. Semoga Anda tidak termasuk di antaranya mulai saat ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *