Jangan Berlebihan! Ini Batas Mengonsumsi Vitacimin Orange

vitacimin orange

Vitacimin Orange merupakan suplemen vitamin C yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh. Vitacimin mengandung asam askorbat (ascorbic acid) atau vitamin C dengan sifat antioksidan yang dikenal ampuh untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Vitacimin tersedia dalam bentuk tablet hisap yang dikemas dalam kemasan praktis sekali makan. Penggunaan Vitacimin seringkali disarankan, terutama ketika Anda sedang merasa tidak enak badan, dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Sayangnya, beberapa orang menganggap Vitacimin orange sama seperti permen sehingga tidak memperhatikan dosis dan aturan pakainya. Lalu, apakah ada efek samping atau risiko overdosis suplemen vitamin C? Simak artikel berikut ini!

Pentingnya Vitamin C Bagi Tubuh

Vitamin C atau asam askorbat merupakan vitamin esensial yang diperlukan tubuh. Vitamin C memiliki sifat antioksidan kuat yang berfungsi memelihara kesehatan tubuh. Suplemen vitamin C sering diambil manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh terutama di musim penghujan, mencegah flu, serta mengobati sariawan. 

Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk:

  1. Mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung
  2. Membantu mengendalikan tekanan darah tinggi
  3. Mengontrol kadar kolesterol
  4. Mencegah dan mengurangi kadar asam urat darah
  5. Mencegah kekurangan zat besi dan anemia defisiensi zat besi
  6. Mengurangi risiko gangguan memori, seperti demensia
  7. Membuat kulit lebih cerah dan mengurangi kulit keriput
  8. Membantu mengobati penyakit kudis
  9. Mempercepat proses penyembuhan

Vitamin C banyak ditemukan dalam sumber makanan seperti buah dan sayur, terutama buah jeruk dan stroberi. Namun bagi orang yang tidak cukup mengonsumsi sumber vitamin C alami bisa mendapatkan vitamin C melalui suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. 

Berapa Banyak Suplemen Vitamin C yang Bisa Diterima Tubuh?

Vitamin C larut dalam air dan tidak disimpan dalam tubuh dalam waktu yang lama. Ketika vitamin C masuk ke dalam tubuh, tubuh akan memecah dan membawa vitamin C ke seluruh jaringan tubuh dan sisanya akan langsung dibuang melalui urin. 

Hal ini bukan berarti Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C seperti Vitacimin Orange dalam jumlah banyak. Mengonsumsi vitamin C terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan, batu ginjal, bahkan overdosis. 

Karena itu disarankan mengonsumsi suplemen vitamin C sesuai dengan tingkat asupan atas yang dapat ditoleransi. Tingkat vitamin C harian untuk anak dan orang dewasa yaitu:

  • Bayi berusia 1-3 tahun: 400 mg 
  • Anak usia 4-8 tahun: 650 mg 
  • Anak usia 9–13 tahun: 1.200 mg 
  • Remaja berusia 14–18 tahun: 1.800 mg 
  • Remaja berusia 19 tahun, orang dewasa, serta ibu hamil dan menyusui: 2.000 mg 

Selain itu, orang dengan kondisi tertentu mungkin disarankan untuk mendapatkan jumlah vitamin C lebih banyak sebagai terapi pengobatan. 

Jumlah vitamin C yang terkandung dalam Vitacimin Orange cukup tinggi yaitu sekitar 500 mg. Maka, berdasarkan tingkat asupan atas yang dapat ditoleransi, dosis konsumsi Vitacimin Orange yang tepat adalah 1 tablet sehari untuk orang dewasa, dan setengah tablet untuk anak-anak.

Sebelum mengonsumsi Vitacimin Orange, sebaiknya minum segelas air (250 ml) terlebih dahulu dan dikonsumsi dengan cara dihisap untuk mempercepat penyerapan dalam tubuh.

Vitacimin Orange merupakan suplemen vitamin C yang sangat mudah dikonsumsi. Suplemen ini juga memiliki rasa jeruk manis yang enak dan tidak asam ketika dihisap. Namun karena hal tersebut beberapa orang terutama anak-anak mengonsumsi Vitacimin secara berlebihan. Untuk mencegah hal tersebut, simpan produk di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *