Manfaat Gerakan Kayang Ini Penting bagi Tubuhmu

Mungkin bagi sebagian orang, kayang merupakan gerakan yang tidak biasa dilakukan saat melakukan olahraga. Selain itu, mempraktikkan kayang pun membutuhkan keterampilan yang baik karena gerakan senam lantai ini memang salah satu yang paling sulit. Namun, tahukah kamu bahwa manfaat gerakan kayang ada cukup banyak bagi tubuh?

Kayang adalah gerakan tubuh yang menyerupai setengah lingkaran, di mana tubuh bertumpu pada kaki dan tangan sehingga punggung terangkat. Gerakan ini mengharuskan kaki lebih tinggi untuk memberikan tekanan pada bahu dan pinggang. Pada dasarnya, kayang dilakukan untuk melatih otot-otot kaki dan tangan agar menjadi lebih kuat.

Cara melakukan gerakan kayang adalah dimulai dari posisi berbaring

Cara Melakukan Kayang yang Benar

Pertama-tama, saat hendak melakukan kayang, kamu perlu terlebih dahulu memperhatikan tahap-tahap gerakannya dengan baik. Manfaat gerakan kayang memang esensial bagi tubuh, tetapi jika tidak dipraktikkan dengan cermat terdapat risiko yang dapat ditimbulkan. Risiko dari ketidakcermatan ketika melakukan kayang ialah cedera, otot keseleo, dan patah tulang.

Berikut adalah beberapa tahap dalam melakukan kayang yang harus kamu perhatikan:

  • Saat melakukan kayang, mula-mula sikap badanmu yang tepat adalah berdiri tegak.
  • Kemudian, yang perlu kamu lakukan adalah meletakkan kedua tangan di pinggul. 
  • Selanjutnya, arahkan pandanganmu agar berfokus ke depan.
  • Lalu, arahkan kepalamu ke belakang dengan posisi kedua kaki ditekuk. Tekuk juga tanganmu dengan posisi melewati kepala.
  • Berikutnya, tekuk tanganmu ke belakang hingga posisinya menyentuh matras. Jadikan tanganmu sebagai tumpuan.
  • Hal yang perlu kamu ingat ketika melakukan kayang ialah posisi tubuhmu harus meregang dan melengkung.

Kayang tidak perlu lama dilakukan karena posisinya dapat menimbulkan penumpukan darah di kepala. Akibatnya, ia dapat memicu sakit kepala ataupun peningkatan tekanan pada area kepala. Tentu saja hal ini akan membuatmu merasa tidak nyaman.

Kamu dapat melakukan kayang dalam beberapa sesi: 1 kali melakukan kayang dapat dilakukan dalam durasi 30−60 detik dengan beberapa kali pengulangan. Jika kamu sudah lebih sering berlatih, durasi tersebut dapat lebih ditingkatkan secara bertahap. Gunakan alas matras ataupun alas lain sehingga kepalamu tidak langsung menyentuh lantai untuk mencegah terjadinya benturan jika kamu terjatuh saat melakukan kayang.

Manfaat Gerakan Kayang untuk Tubuhmu

Jadi, mengapa gerakan kayang begitu penting bagi tubuhmu? Coba mulai rutin melakukan gerakan ini untuk memperoleh sejumlah manfaat di bawah ini:

  • Melatih kelenturan tubuh.
  • Membantu memperkuat otot tangan dan kaki.
  • Meregangkan otot punggung sehingga bisa mengurangi nyeri dan pegal pada punggung.
  • Membantu melatih pernapasan.
  • Membantu menjaga bentuk tubuh ideal.

Fleksibilitas tubuh yang baik dari rutin melakukan kayang dapat menyehatkan otot dan sendi. Meningkatkan elastisitas dan kekuatan otot dan jaringan ikat di sekitar sendi membuat kamu dapat lebih bebas bergerak sehingga kamu pun dapat beraktivitas dengan lebih leluasa. Kelenturan dan kekuatan tubuh ini dapat mencegah kamu dari risiko mengalami cedera.

Mengurangi nyeri pada punggung merupakan manfaat gerakan kayang bagi kamu yang kerap duduk lama di depan layar komputer ketika bekerja. Selain itu, latihan pernapasan dengan kayang dapat mencegah kamu mengalami stres dan tekanan darah tinggi. Sebagai bagian dari kaum pekerja, dua manfaat ini tentu sangat kamu butuhkan.

Apabila kamu belum terbiasa melakukan kayang, kamu dapat meminta bantuan seorang kawan untuk memegangi bagian pinggangmu. Ingatlah untuk melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu sebelum mulai melakukan gerakan ini untuk meminimalkan risiko cedera. Selamat mencoba dan mudah-mudahan paparan manfaat gerakan kayang bisa kamu resapi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *