Rekomendasi Obat Flu untuk Ibu Hamil Berbahan Alami

obat flu untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, tubuh Anda akan mengalami perubahan, mulai dari bentuk tubuh, hormon hingga kesehatan. Itulah mengapa, ibu hamil biasanya lebih rentan terkena berbagai penyakit. Salah satunya flu. Namun, tidak semua obat flu aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebab, dikhawatirkan dapat menimbulkan efek negatif terhadap bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui obat flu untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. 

Adapun obat flu yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, antara lain paracetamol, guaifenesin, Obat antihistamin, dan obat antivirus. Namun, jika masih ragu, Anda bisa mengonsumsi obat flu untuk ibu hamil dari bahan alami. 

Rekomendasi Obat Flu untuk Ibu Hamil Dari Bahan Alami

Ketika hamil, semua yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan, termasuk obat flu. Sebab, efek samping yang ditimbulkan tidak hanya mempengaruhi tubuh Anda, tapi juga janin dalam kandungan. Oleh karena itu, perlu ketelitian dalam memilih makanan, suplemen, maupun obat-obatan yang dikonsumsi selama masa kehamilan. 

Saat ini, ada banyak obat flu yang dijual bebas di pasaran dan tidak memerlukan resep dokter. Namun, belum tentu semuanya aman untuk dikonsumsi ibu hamil. 

Mengonsumsi obat flu alami bisa menjadi alternatif untuk membantu meredakan dan menghilangkan flu pada ibu hamil. Berikut beberapa rekomendasi obat flu untuk ibu hamil dari bahan alami. 

  1. Madu

Sudah menjadi rahasia umum kalau madu kaya akan manfaat. Salah satunya adalah membantu meredakan gejala batuk dan flu. Oleh karenanya, madu bisa menjadi obat flu untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. 

Sifat antibakteri dan antioksidan yang terkandung dalam madu dapat melawan virus flu dalam tubuh. Namun, beberapa orang ada yang masih ragu untuk mengonsumsi madu karena madu mengandung bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan penyakit botulisme. 

Akan tetapi, dalam sebuah jurnal berjudul Food-borne Illnesses During Pregnancy, menjelaskan bahwa bakteri tersebut hanya berbahaya bagi bayi  yang usianya berada di bawah satu tahun, sementara untuk ibu hamil tidak berpengaruh terhadap kesehatan ibu maupun janin dalam kandungan.

Hal ini dikarenakan, ukuran bakteri tersebut sangat kecil sehingga tidak memungkinkan untuk menembus masuk ke dalam plasenta. 

Untuk mengonsumsi madu sebagai obat flu untuk ibu hamil, Anda bisa mencampurkan madu dengan air rebusan jahe atau kayu manis. Atau juga bisa mencampurnya dalam air hangat.  

  1. Lemon dan Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C pada lemon dan jeruk nipis tidak perlu diragukan lagi. Kedua buah ini terkenal kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika flu, tubuh membutuhkan asupan vitamin C untuk melawan virus penyebab flu. Selain itu, vitamin C juga mengandung antibakteri. Itulah sebabnya, lemon dan jeruk nipis dapat menjadi salah satu obat flu untuk ibu hamil dari bahan alami yang aman dikonsumsi. 

Namun, jika Anda memiliki penyakit lambung disarankan untuk mencampur perasan lemon dan jeruk nipis dengan minuman hangat lainnya. Anda bisa mencampurkannya dengan teh hangat, air rebusan jahe, atau madu. 

  1. Jahe

Selain lemon dan jeruk nipis, jahe juga bisa menjadi salah satu obat flu untuk ibu hamil dari bahan alami dan aman dikonsumsi. Jahe mengandung bahan aktif yang dapat membantu melegakan pernapasan ibu hamil yang tersumbat akibat flu.

Jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat proses pemulihan. Sifat antibakteri pada jahe juga membantu melindungi tubuh dari virus penyebab flu. Namun, dalam mengonsumsinya sebaiknya tidak berlebihan karena dapat meningkatkan risiko keguguran. Oleh karena itu, disarankan ibu hamil hanya mengonsumsi 1 gram jahe atau 950 ml teh jahe per harinya. 

Kandungan Obat Flu untuk Ibu Hamil yang Harus Dihindari

Jika obat flu alami tidak meredakan gejala flu dan merasa butuh obat lain, sebaiknya Anda menghindari obat flu yang dapat mengatasi beberapa gejala sekaligus. Biasanya, obat flu tersebut menggabungkan beberapa bahan untuk mengatasi banyak gejala. Pilihlah obat flu dengan kandungan tunggal.

Berikut beberapa kandungan pada obat flu untuk ibu hamil yang harus dihindari, kecuali direkomendasikan oleh dokter. 

  • Aspirin
  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Kodein
  • Bactrim
  • Antibiotik

Itulah beberapa obat flu untuk ibu hamil dari bahan-bahan alami yang bisa jadi pilihan Anda dalam meredakan sekaligus mengatasi flu. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala tidak kunjung membaik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *