Strocain Tablet 400mg, Apa Kegunaannya?

No Comments Obat

Strocain tablet adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi berbagai gejala penyakit akibat saluran cerna. Didalamnya terdapat zat aktif polymigel sebanyak 400 mg yang berfungsi untuk meredakan berbagai keluhan pada pencernaan. 

Beberapa manfaat atau indikasi obat strocain tablet:  

  • Nyeri lambung
  • Heartburn
  • Mual muntah
  • Tennesmus (rasa ingin buang air besar yang hilang timbul)
  • Keram perut
  • Gastritis akut

Cara penggunaan obat strocain tablet:

Strocain tablet dapat diminum 15 menit hingga 1 jam sebelum makan atau sesuai dosis dan anjuran. Penggunaan pada orang dewasa dapat dilakukan 3-4 kali sehari sebanyak 1-2 tablet. Sedangkan pada anak dibawah 12 tahun 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet.

Adakah efek samping yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi obat ini?

Terdapat beberapa efek samping yang mungkin bisa timbul setelah penggunaan strocain tablet yaitu mual, muntah, diare, hingga konstipasi (gangguan buang air besar). Penggunaan dalam dosis besar serta dalam waktu yang lama mampu mempengaruhi fungsi hati dan ginjal pengguna obat.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi strocain tablet?

-orang dengan riwayat gangguan ginjal dan fungsi hati sebaiknya mengkonsultasikan penggunaan obat terlebih dahulu pada dokter

-Ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya mengkonsultasikan penggunaan obat strocain tablet pada dokter sebelum mengkonsumsinya karena ditakutkan akan ada efek samping kurang baik yang dapat mempengaruhi janin atau asi pada Ibu.

-orang dengan kadar kalsium tinggi (hiperkalsemia) sebaiknya meminimalisir penggunaan obat strocain tablet

-orang dengan riwayat alergi pada kandungan obat (zat aktif polymigel), pasien dengan perawatan cuci darah, serta orang dengan kadar tiroid yang rendah tidak disarankan menggunakan obat ini.

-konsultasikan pada dokter jika Anda sedang mengkonsumsi obat lain selain strocain tablet karena ditakutkan akan terjadi penurunan fungsi dan efektivitas obat.

-saat gejala yang dirasakan tak juga mengalami perubahan setelah 2 minggu mengkonsumsi obat, hentikan penggunaan dan segera konsultasikan keluhan yang dirasakan pada dokter.

-saat terdapat gejala seperti mual muntah, diare, dan hingga konstipasi setelah penggunaan strocain tablet, hentikan penggunaan obat dan konsultasikan pada dokter spesialis agar mendapat perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *